ANDA ADALAH PENGUNJUNG KE:

stats

Sabtu, 13 Februari 2010

SEJARAH PERSIJA JAKARTA



hehehe, sekarang nih gue mau posting tentang sejarah PERSIJA JAKARTA.
Ga tau kenapa nih lagi mau posting PERSIJA, mungkin selain gue mantan Anak Jakarta sekaligus the Jakmania, gue tadi abis nonton pertandingan PERSISAM SAMARINDA ngelawan PERSJIA JAKARTA, yah, walaupun hasilnya seri 0-0, gue puas lah, nonton pertandingan bagus. (dalem hati masih kesel ngapa tuh hakim garis ngangkat bendera pas Lionell messi Bambang Pamungkas bikin gol, dianggap offside sama pak ahmat [bukan nama sebenernya]. )

Tadi abis keliling-keliling negara Maya, tepatnya kota Google,nyari info tentang Persija Jakarta, ketemu satu blog, yaitu blog INI. Walaupun di blog tersebut kayak hasil copypaste, tapi gak apa-apa, namanya Informasi. (nutupin kalo gue ngasih ini sejarah dari sono juga...hehehe :D..)

Ini dia hasil temuan gue tentang persija.
=========================================================================
PERSIJA JAKARTA  

PERSIJA = PERSATUAN SEPAKBOLA INDONESIA JAKARTA.
adalah tim sepakbola dari Ibukota Indonesia, yang sekarang berada di kompetisi sepakbola dengan kasta tertinggi di indonesia, Liga Super. sekedar informasi, dari Jakarta ada dua tim lho yang ikut Liga Super, PERSIJA dan PERSITARA (PERSATUAN SEPAKBOLA INDONESIA JAKARTA UTARA). Suporternya bernama The Jakmania, julukannya "Macan Kemayoran"

Persija didirikan pada tahun 1928, dengan cikal bakal bernama Voetbalbond Indonesish Jakarta (VIJ). VIJ merupakan salah satu klub yang ikut mendirikan Persatuan sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) dengan keikutsertaan wakil VIJ, Mr. Soekardi dalam pembentukan PSSI di Societeit Hadiprojo Yogyakarta, Sabtu 19 April 1930.

Klub ini mendapatkan perhatian yang besar dari Gubernur Jakarta, Sutiyoso, yang merupakan Pembina Persija. Kelompok pendukungnya bernama The Jakmania.

Sekarang (musim 2009-2010) klub ini dilatih sama Bendol alias Benny Dollo, padahal sebelumnya dia hanya bertugas sebagai direktur tehnik Persija, tapi entah mengapa, sekarang jadi pelatih, mungkin karena udah gak ngelatih timnas, eh , tapi gatau juga deh.. hehe.




KAOS TIM PERSIJA PAS PERTANDINGAN HOME (JADI TUAN RUMAH)




KAOS TIM PERSIJA PAS PERTANDINGAN AWAY (JADI TUAN TAMU)

nb: hehe, gak dapet screenshootnya, jadi pake yang ini aja..


SEJARAH SINGKAT PERSIJA

Pada jaman Hindia Belanda, nama awal Persija adalah VIJ (Voetbalbond Indonesische Jacatra). Pasca-Republik Indonesia kembali ke bentuk negara kesatuan, VIJ berganti nama menjadi Persija (Persatuan sepak bola Indonesia Jakarta). Pada saat itu, NIVU (Nederlandsch Indisch Voetbal Unie) sebagai organisasi tandingan PSSI masih ada. Di sisi lain, VBO (Voetbalbond Batavia en Omstreken) sebagai bond (perserikatan) tandingan Persija juga masih ada. Terlepas dari takdir atau bukan, seiring dengan berdaulatnya negara Indonesia, NIVU mau tidak mau harus bubar. Mungkin juga karena secara sosial politik sudah tidak kondusif (mendukung). Suasana tersebut akhirnya merembet ke anggotanya, antara lain VBO. Pada pertengahan tahun 1951, VBO mengadakan pertemuan untuk membubarkan diri (likuidasi) dan menganjurkan dirinya untuk bergabung dengan Persija. Dalam perkembangannya, VBO bergabung ke Persija. Dalam turnamen segitiga persahabatan, gabungan pemain bangsa Indonesia yang tergabung dalam Persija "baru" itu berhadapan dengan Belanda dan Tionghoa. Inilah hasilnya: Persija (Indonesia) vs Belanda 3-3 (29 Juni 1951), Belanda vs Tionghoa 4-3 (30 Juni 1951), dan Persija (Indonesia) vs Tionghoa 3-2 (1 Juli 1951). Semua pertandingan berlangsung di lapangan BVC Merdeka Selatan, Jakarta.


PRESTASI PERSIJA

1931 Juara Perserikatan VIJ Jakarta
1933 Juara Perserikatan VIJ Jakarta
1934 Juara Perserikatan VIJ Jakarta
1938 Juara Perserikatan VIJ Jakarta
1954 Juara Perserikatan Persija Jakarta
1964 Juara Perserikatan Persija Jakarta
1973 Juara Perserikatan Persija Jakarta
1975 Persija dan PSMS (juara bersama)
1977 Juara Perserikatan Persija Jakarta
1979 Juara Perserikatan Persija
1998 Semifinalis
1999 Semifinalis
2001 Juara Liga Bank Mandiri
2005 Runner Up Liga Indonesia
2005 Runner Up Coppa Indonesia
2006 Juara 3 Coppa Indonesia
2007 Juara 3 Coppa Indonesia


VIDEO GOL ISMED SOFYAN MASUK ESPN LHO..



Skuad 2009-2010

-Bambang Pamungkas
-TA Musafry
-Aliyudin
-Abanda Herman
-Leonard Tupamahu
-M. Yasir
-Ismed Sofyan
-Baihaqi 
-Musafic
-M. Ilham
-Hary S.



Markas Persija : Std. Utama Gelora Bung Karno, alternatif: Std. Lebak Bulus.

screenshot The Jakmania








































screenshot Stadion Bung Karno





Nah, segini doang yang bisa gue share.. Hehehe

Oiya, buat viking ama bonek ama all enemies of PERSIJA or The Jak. Plis jangan komen pake kata kata kasar. Kenapa? soalnya hal itu bisa ngunjukin bahwa gini lho sebenernya bonek/viking/dll sifatnya, sukanya ngehujat doang. Ga mau kan lo dicap kampungan? 
makasi

Salam Blogger :)

Kasih tau temen lo yang lain di facebook. klik
Sabtu, 13 Februari 2010

Artikel Yang Mungkin Anda Ingin Baca...




0 comment:

Poskan Komentar

eh, pada komen sob, jangan pada bengong lu.. hehe . sarannya ya, jangan kritik. makasih. backlink gretong/ gratis dari gue