ANDA ADALAH PENGUNJUNG KE:

stats

Sabtu, 27 Februari 2010

Moshing, Mosh Pit, Survival Tips



helloww. akhirnya gue posting lagi nih. gatau kenapa kemaren kayanya malessssssssssssss banget ngepost. sekarang gue mau posting tentang Moshing. sourcenya di sini Okelah kalo begitu kita lanjut gan..!,
NGAKU deh, kalo kamu dateng ke konser musik yang menyuguhkan musik-musik cadas, mungkin untuk banyak penikmat akan terasa kurang afdol tanpa melakukan "moshing" di mosh pit (kerumunan orang yang melakukan moshing). Be it hardcore, punk, heavy metal, death metal, whatsoever, rasanya enggak komplet kalo enggak melakukan "dansa" yang memungkinkan kita untuk saling dorong, menabrakkan badan satu sama lain, dan melakukan gerakan-gerakan agresif lainnya.

Banyak yang nganggep kalo moshing ini adalah sesuatu yang berbahaya. Tetapi, buat para penikmat musik keras, tanpa moshing ibaratnya apresiasi terhadap suatu gelaran musik menjadi enggak sempurna. So, tanpa ngebahas mana yang bener dan mana yang salah, berikut ini adalah tips Belia untuk bisa survive di mosh pit, kumpulan orang yang melakukan moshing.

Sebenernya kalo orang-orang yang moshing pada "sadar" dan melakukannya dengan tertib, moshing adalah kegiatan yang relatif aman. Sayang, banyak banget yang ngejadiin moshing sebagai sarana buat melakukan keisengan, bahkan kejahatan, makanya moshing sering banget identik dengan hal negatif.

Rule utama yang harus kamu pahami kalo ikutan moshing is, "you`re gonna get hurt and gonna get hit, so deal with it." Udah tahu moshing itu melibatkan kontak fisik yang agresif. Jangan marah atuh, kalo kamu kehantem orang! Nikmatin aja. Kalo kamu mau masuk mosh pit, kamu harus tahu dan paham bener kamu akan menghadapi situasi seperti apa. Belia paling enggak suka kalo ada orang yang tiba-tiba aja jadi rusuh gara-gara moshing. Kalo kamu enggak sengaja mukul orang, jangan lupa buat minta maaf dengan mengangkat tangan atau menepuk pundaknya. Piss ah!

Okay, here are some of the tips buat bisa bertahan hidup dalam mosh pit:

1. Sebelum masuk ke mosh pit, ada baiknya kamu melakukan persiapan. Kamu lihat dulu dari samping, apakah orang-orang yang moshing emang pada pengen have fun, atau justru terlalu agresif dan pengen melukai yang lainnya? Kalo mosh pit-nya yang begini, mendingan kamu ngejauh deh. Pogo atau headbang aja sendirian, and enjoy the music.

2. Kalo memutuskan untuk masuk ke mosh pit, sebaiknya kamu titipin barang berharga kamu seperti HP, dompet, mp3 player, dan yang lainnya ke temen kamu yang enggak ikut moshing. Besar kemungkinannya barang-barang ini bakal terjatuh atau diambil orang saat kamu lagi sibuk moshing. Saran, jangan make kaos Avenged Sevenfolds asli yang kamu beli hasil nabung jajan 3 bulan! Pokoknya, kalo mau moshing, kalo bisa jangan make kaos, celana, sepatu, atau pakaian apa pun yang mahal! Belia enggak yakin kamu bisa menyelamatkan pakaian mahal dalam mosh pit! Kalo kamu nemu barang orang lain di mosh pit, baiknya kamu angkat ke udara biar si empunya bisa ngelihat barangnya yang hilang.

3. Taliin sepatu dengan erat biar enggak lepas. Pasang sabuk dengan kencang biar enggak ngeganggu orang lain! Kalo bisa, hindari gelang spike, atau ornamen lain yang menggunakan bahan besi, karena ini bisa membuat kamu dan orang lain cedera. Kalo kamu ngelihat orang lain "tindikan", atau punya asesoris dari besi yang kira-kira bisa berbahaya seperti kalung rantai, mendingan kamu ngehindar aja deh. Bahaya banget soalnya barang-barang seperti ini kalo dipake moshing.

4. Behave! Be Nice! Meskipun sejatinya moshing itu keras dan agresif, tetapi kita berada di mosh pit buat nikmatin musik bareng-bareng. Kalo ada yang kepukul, terjatuh, atau mengalami kesulitan, bantu mereka. Jangan mengawali perkelahian, karena sekalinya orang-orang agresif di mosh pit tersulut amarahnya, biasanya susah dikendalikan. Be wise, jangan jadi mosher yang kampring.

5. Gerakan seperti stage dive (melompat dari panggung atau sound system) dan crowd surfing (penonton diarak oleh penonton lain), punya risiko cedera yang enggak kecil. Kalo mau stage dive atau crowd surfing, liat-liat dulu mosh pit-nya. Kalo sekiranya kondusif dan mau "menampung" hantaman tubuh kamu, baru lakukan. Lebih baik lagi kalo kamu melakukannya pada orang-orang yang udah kamu kenal, atau temen-temen. Jadinya kamu yakin kalo mereka bakalan menyambut badan kamu. Banyak kejadian cedera gara-gara orang yang stage dive atau crowd surf dicuekin sama penonton lain.

6. Ladies Beware! Banyak cowok-cowok yang mungkin bakal mengambil kesempatan buat "pegang-pegang" kalo kamu lagi ada di mosh pit. Siap-siap aja sama oknum kayak gini. Buat cowok-cowok, enggak disaranin buat melakukan hal ini, kecuali kamu mau dihajar sama pacar si cewek yang mungkin lagi moshing juga di sampingnya.

7. Kalo kamu cedera gara-gara moshing, atau kondisi badan udah enggak fit lagi karena capek, dll., buru-buru menyingkir. Kalo enggak segera cabut dari mosh pit, bisa bahaya buat kamu. Know your limit! Jangan maksain diri. Moshing itu bisa nguras tenaga banget soalnya.

8. Jangan sekali-kali masuk mosh pit dalam keadaan mabuk (Enya ulah mabok oge sapopoena)! Kalo moshing lagi mabuk, keseimbangan tubuh kamu enggak prima dan kamu bisa dengan mudahnya terhantam dan terjatuh. Udah gitu, kalo kamu mabuk, kamu enggak sadar dan sangat mungkin melakukan hal-hal yang enggak kamu inginkan di dalam mosh pit yang sarat energi agresif.

Masih banyak lagi hal yang sebaiknya kamu perhatikan saat melakukan moshing. Tetapi sekali lagi belia tekankan, kalo kamu moshing, you are gonna get hit. Kamu harus tahu akan menghadapi apa di mosh pit. Inget, you`re here to have fun, not to make a fight! Happy moshing! Rock on!***

syauqy_belia@yahoo.com


Nah, begitu lah keadaan moshing sob..
udah pada tau kan?
itu loh yang kalo orang awam ngeliatnya kaya sekumpulan orang norak yang rusuh.
semoga bermanfaat :)
salam blogger

Kasih tau temen lo yang lain di facebook. klik
Sabtu, 27 Februari 2010

Artikel Yang Mungkin Anda Ingin Baca...




0 comment:

Poskan Komentar

eh, pada komen sob, jangan pada bengong lu.. hehe . sarannya ya, jangan kritik. makasih. backlink gretong/ gratis dari gue