ANDA ADALAH PENGUNJUNG KE:

stats

Jumat, 19 Maret 2010

Mengenal wordpress


Hmm, walaupun gue memakai Blogger, tapi gue udah cukup lama make wordpress juga. Meskipun buta akan HTML dan Javascript dan semua website script, tapi yang penting udah pernah, hahaha.
sekarang gue mau membahas apa itu wordpress. dikutip dari sekian sumber yang gue baca di internet melalui jasa google, empunya search engine.
WordPress adalah sebuah aplikasi open source yang sangat populer digunakan sebagai blog engine. WordPress dibangun dari pemrograman PHP, dengan database MySQL, yang semuanya merupakan software open source. Selain sebagi blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. CMS merupakan sebuat alat (software) yang dapat digunakan untuk melakukan pengelolaan sebuah website dengan mudah. Mulai dari membuat, mengelola isi, hingga mempublikasikan isi website tersebut. Penggunanya pun tidak harus mempunyai kemampuan teknis tentang HTML (Hypertext Markup Language) atau kode pemrograman lain.

Keunggulan WordPress cukup banyak, sehingga membuat banyak blogger memilihnya sebagai blog engine ataupun CMS pilihan mereka. Mari kita perhatikan sebagai keunggulan dan fitur dari wordpress..


1. Gratis. Untuk mendapatkan sofware-nya hanya perlu mendownload dari situsnya www.wordpress.org
2. Open Source. Pengguna bisa melihat barisan kode-kode program WordPress tersebut, sehingga pengguna tingkat lanjut lebih bebas memodifikasi hingga mengembangkan sendiri WordPress tersebut sesuai keinginannya.
3. Template atau desain tampilannya mudah di-customize atau dimodifikasi sesuai keinginan.
4. Pengoperasiannya mudah, tidak ribet dan tidak bertele-tele. Bagi pemula, tentu hal ini amat membantu.
5. Dalam 1 blog, bisa untuk membuat banyak user. jadi WordPress juga sering digunakan untuk blog komunitas, yang kontributor isinya berasal dari para anggota komunitas tersebut.
6. JIka kita sebelumnya mempunyai blog gratisan yang menumpang di Blogger/Blogspot, WordPress.com, LiveJournal, TypePad, dan beberapa blog engine lain, kita bisa mengimpor isinya. Jadi kita tidak perlu taku isi blog lama kita sia-sia setelah menggunakan software WordPress.
7. Banyak penggunanya, banyak pula community support untuk WordPress. Penggunannya di Indonesia juga banyak sekali, sehingga tidak perlu khawatir jika ada masalah mengenai WordPress, sampaikan saja pertanyaan kepada pengguna yang lebih senior.
8. Banyak Plugin yang tersedia dan selalu berkembang, karena kontribusi para developer web yang juga memberi kontribusi pada WordPress. Plugin WordPress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar. Misalnya Plugin anti-spam, plugin web counter, dan sebagainya.

Setelah melihat berbagai kelebihan dan dukungan terhadap WordPress ini, apakah bisa memberi bayangan tentang WordPress? Jika belum, kita bisa mencoba versi gratis lain dari WordPress yang tanpa membutuhkan web hosting sendiri, yaitu di www.wordpress.com. Cobalah untuk mempunyai account di sana, dan silahkan mencoba kemudahan yang diberikan untuk mendukung aktivitas bloging kita. Tentukan saja fitur-fitur yang diberikan di situs tersebut jauh lebih terbatas dibanding jika kita menginstal sendiri di situs kita sendiri nanti. Tapi sebagai gambaran kemudahan pengoperasiannya, tidak ada salahnya untuk mencoba.

Disarikan dari buku : “Panduan Praktis Bikin BLOG dengan WordPress untuk Pemula” , Fany Ariasari, mediakita, Jakarta, 2007

Layanan wordpress salah satunya adalah WORDPRESS MU. untuk mengetahui apa itu wordpress MU, tunggu my posting slanjutnya

Salam blogger

Kasih tau temen lo yang lain di facebook. klik
Jumat, 19 Maret 2010

Artikel Yang Mungkin Anda Ingin Baca...




0 comment:

Posting Komentar

eh, pada komen sob, jangan pada bengong lu.. hehe . sarannya ya, jangan kritik. makasih. backlink gretong/ gratis dari gue